Cobai Rasa Gindara Teriyaki Di Restoran Jepang Tertua Di Jakarta


88KulinerMakan - Masakan Jepang telah demikian akrab di lidah umumnya orang Jakarta. Restoran-restoran Jepang di Jakarta sudah ada sepanjang berpuluh-puluh th.. Salah nya ialah Keyaki Japanese Restaurant yang telah berumur lebih dari 40 th.. 

Keyaki adalah satu diantara restoran Jepang tertua di Jakarta. Berada di hotel Sari Pan Pacific Jakarta, Keyaki buka berbarengan dengan dibukanya hotel itu, yakni pada th. 1976. Awalannya restoran ini bernama Furusato serta mulai sejak awal di kenal jadi restoran yang menghidangkan masakan Jepang yang otentik. 

Namanya juga bertukar jadi Keyaki pada th. 1987. Di dalam ramainya masakan fusion Jepang, hingga sekarang ini Keyaki masih tetap di kenal sediakan sajian tradisionil ciri khas Jepang. Menu yang pantas dicoba diantaranya robatayaki atau sajian bakar ciri khas Jepang. 

Ini adalah keunikan dari Keyaki. Terkecuali juga Keyaki Nigiri Sushi, bermacam teppanyaki (memasak bahan makan diatas plat lebar yang datar bernama teppan), sukiyaki, serta yakiniku. 

Baca: Viral Ikan Yang Telah Dimasak Bisa Hidup Kembali Dari Piringnya



Ikan kod 

Tetapi apa pun pilihan tehnik memasak yang Anda kehendaki, mesti dicoba memakan bahan makanan satu ini. Dalam Bhs Jepang dikatakan sebagai gindara. Dalam Bhs Inggris, gindara dimaksud black cod atau ikan kod bila dalam Bhs Indonesia. 

Ikan ini juga jadi primadona di Keyaki. Executive Chef Keyaki Restaurant, Masami Okamoto mengaku kalau ikan kod jadi favorite di Keyaki. Di Jepang sendiri, kata Masami, gindara hanya satu diantara banyak type ikan di Jepang yang di nikmati orang Jepang. 

“Tidak ada ikan popular di Jepang karna kami miliki banyak type ikan di Jepang. Namun orang Indonesia begitu menyenanginya, ” kata Masami. 

Struktur daging ikannya yang lembut serta berlemak jadikan ikan ini seolah meleleh di mulut waktu dikonsumsi. Menurut Masami, ikan gindara umum dibuat orang Jepang dengan tehnik simmering atau dibuat dalam saus mendidih dengan api kecil (seperti buat kaldu). 

Diluar itu, lanjut Masami, ikan gindara juga enak dibakar. “Bumbunya simpel saja. Umum dibakar dengan garam atau marinate dahulu dengan miso (pasta kedelai fermentasi ciri khas Jepang), ” kata Masami. Pilihan memasaknya bermacam, dapat dibakar maupun di buat jadi teriyaki. 

Waktu di Keyaki, dapat tentukan sajian Gindara Teriyaki Set bila Anda sukai rasa manis yang gurih. Terkecuali Gindara Teriyaki Set, Anda harus cobalah bermacam sushi serta sashimi di Keyaki. 

Bila bingung serta inginnya sashimi, tentukan saja Momo Sashimi Moriawase. Sesuai sama namanya, moriawase mengacu pada piring yang berisikan beragam gabungan sajian dalam satu type masakan. 

Jadi, sashimi moariawase adalah sajian sashimi dengan beragam gabungan ikan sesuai sama apa yang ada di restoran itu. Di Keyaki, Momo Sashimi Moriawase umumnya terbagi dalam tuna, salmon, white fish, sampai gurita. 

Uniknya, wasabi jadi bumbu pendamping yang umum untuk sushi serta sashimi, memakai kombinasi parutan wasabi asli. Wasabi asli adalah barang langka di Indonesia. Diluar itu, pantas dicoba dari station grill atau bakar, seperti Gyutan serta Unagi Kabayaki. Gyutan adalah lidah sapi yang dibakar sampai teksturnya lembut. 

Kabayaki adalah tehnik membelah ikan tanpa ada tulang (fillet) lantas dditusuk sate serta dibakar. Terlebih dulu dioles-oleskan saus kecap seperti sate. Bedanya ini memakai kecap asin ciri khas Jepang atau shoyu. Disamping itu unagi yaitu belut. Belut bakar ini seolah meleleh di mulut dengan rasa gurih manis dari shoyu serta gula. 



Serba Hokkaido 

Pada bln. April ini, bertepatan dengan musim semi di Jepang, Chef Masami yang asli orang Hokkaido tawarkan bermacam sajian baru bertopik Hokkaido. Hokkaido populer jadi tempat harus dikunjungi beberapa pengagum gastronomi. 

“Di Hokkaido semua memakai bahan fresh, dari seafood hingga sayurannya. Semuanya yang paling baik datang dari Hokaido. Seperti asparagus, kentang Hokkaido juga paling baik, ” kata Masami. Tidak butuh heran karna Hokkaido mempunyai banyak lokasi perkebunan serta peternakan. 

Ikan-ikan paling baik Jepang juga disebut-sebut datang dari perairan Hokkaido. Sajian yang dikreasikan Masami diantaranya Seafood Miso Gratin yang memadukan tehnik kuliner Perancis dengan bahan Jepang. Gratin memakai bumbu miso serta bahan –bahan laut. Sajian yang lain yaitu Gindara Teriyaki, Seafood, Matsumazuke. 

No comments:

Post a Comment

Adbox

@templatesyard