Cobai Rasa Ayam Goreng Mbah Karto Yang Menggugah Selera



88KulinerMakan - Peristiwa berlibur digunakan Presiden Jokowi untuk berwisata kuliner dengan keluarga. Satu diantaranya ke Ayam Goreng Mbah Karto di Sukoharjo, Jawa Tengah.

Sesudah sekian hari lantas mencicipi Soto Gading berlangganan, saat ini Jokowi memakan menu ayam goreng favorite di Tempat tinggal Makan Ayam Goreng Mbah Karto Tembel di Sukoharjo, Jawa Tengah.

Tempat tinggal makan yang tersohor dengan ayam kampung serta bermacam sambalnya ini berdiri mulai sejak 1960-an. Diambil dari tayangan pers Sekretariat Presiden, Sabtu (31/3/2018), tempat makan ini telah jadi berlangganan Jokowi mulai sejak jadi Wali Kota Solo.

Saat ini Tempat tinggal Makan Ayam Goreng Mbah Karto dikelola oleh generasi ke-2 keluarga Mbah Karto. Menu serta racikan yang disajikan masih tetap sama generasi awalannya, serta sangat dijaga.

Sepintas penampakan tempat tinggal makan ini cukup simpel, dengan sentuhan kebiasaan Jawa. Ruangan makan intinya berupa pendopo kayu tanpa ada desain terlalu berlebih. Meja serta kursi juga terbuat dari kayu seperti warung makan biasanya.

Baca : Lumpia Lombok, Kuliner Makanan Paling Terkenal & Lama Di Semarang


Menu yang diambil Jokowi waktu itu adalah ayam goreng dengan sambel blondho (sambal hitam), ayam goreng di sini semuanya datang dari ayam kampung. Pengunjung dapat pilih potongan ayam ukuran 1/4 ekor, atau sisi kepala, hati serta ampela ayam.

Sedapnya ayam kampung disini di pengaruhi sejak dari penentuan ayam sampai tehnik bumbu. Ayam kampung yang diambil usianya cukup muda. Lazimnya ayam kampung hidup sampai satu tahun lebih, sedang tempat tinggal makan ini memakai ayam umur tiga bln..

Ayam kampung muda itu dibumbui bacem, bawang putih, serta rempah, lantas diungkep diatas api kayu bakar. Berikut langkah membumbui yang konon jadi kunci kelezatan ayam sebelumnya digoreng.

Sepiring sajian ayam goreng kampung dihidangkan dengan nasi putih, urap sayur, lalapan, serta sambal. Sedang sambal yng dapat diambil ada sambal blondho, sambal bawang serta yang lain.

Sambal kegemaran Presiden Jokowi adalah sambal blondho, sambal ini memanglah jadi andalan di Mbah Karto. Sambal ini terbuat dari ampas minyak yang dibuat dari endapan santan kental atau areh yang masak, lalu digabung sambal bawang.

Sambal itu warnanya kehitaman, rasa-rasanya gurih, sedikit manis, bercampur pedasnya sambel bawang. Sambal ini memanglah demikian pas jadi cocolan ayam kampung goreng yang hangat, terlebih dengan lalapan urap.

Janganlah terlewat juga kesegaran minuman tradisionilnya yaitu es beras kencur, es kunyit asam, es jeruk, serta yang lain. Satu jumlah ayam goreng kampung dengan lalap urap dapat dibeli seharga Rp 20. 000.

Untuk yang penasaran menginginkan coba satu diantara kudapan kegemaran Jokowi ini, dapat tujukan kendaraan Anda ke Ayam Mkampung Goreng Mbah Karto Tembel, Jalan Jaksa Agung R Suprapto nomor 8, Sukoharjo, sekitaran satu kilo dari Kota Solo. Patokan tempatnya pas dimuka PLN Sukoharjo.


No comments:

Post a Comment

Adbox

@templatesyard