Ingin Coba Sate Srepeh Atau Sate Kikil Yang Enak? Kunjungi Aja Kota Jepara


88Kuliner Makan - Lokasi pesisir Jawa Tengah miliki banyak type sate enak. Dari mulai sate kambing muda ciri khas Tegal hingga sate kikil dari kota kelahiran Kartini, Jepara. 

Pencinta sate dapat puaskan selera waktu bertandang ke sebagian kabupaten atau kota di pesisir Jawa Tengah. Pasalnya terdapat beberapa type sate enak di lokasi ini. Apa sajakah? Check referensi detikFood ini ya!
Baca : Uniknya Penyajian Di Restoran Bakaro Dari Cara Bakar Dagingnya


Sate Srepeh 

Kabupaten Rembang populer juga akan sate srepeh-nya. Berbentuk sate ayam yang bumbunya berwarna merah kekuningan serta bersantan. Di banding sate Madura yang popular, bumbu sate srepeh lebih encer. Rasa-rasanya manis dengan sensasi gurih dan pedas. 

Terkecuali daging ayam, sate srepeh dapat juga di buat dari jeroan ayam, daging kambing atau sapi. Sate srepeh umum jadikan menu pendamping dari hidangan nasi sambal tahu. Satu diantara penjual sate srepeh legendaris di Rembang yaitu Bu Slamet. 


Sate Laler 

Terkecuali sate srepeh, Rembang juga miliki sate laler yang unik. Sate ini di buat dari potongan kecil daging kambing. Bedanya waktu dihidangkan sate laler memakai bungkus daun jati hingga aromanya harum. Jadi pendamping, ada sambal kecap yang di beri irisan bawang merah serta tomat. Sate laler gampang didapati di selama trotoar Jalan Kartini Rembang. 



Sate Kerbau 

Kerbau banyak dibuat jadi sajian enak di Kudus. Satu diantaranya sate kerbau yang penampilannya gelap berwarna cokelat tua. Sate ini di beri bumbu gula Jawa hingga aromanya unik serta enak. Walau daging kerbau relatif lebih keras di banding sapi, bila membuatnya pas jadi sate kerbau dapat juga empuk. 

Sate kerbau di nikmati dengan saus kacang jadi cocolannya. Satu diantara penjual sate kerbau legendaris di Kudus yaitu Pak Min Jastro yang telah buka mulai sejak pagi hari. Terkecuali Kudus, sate kerbau dapat juga di nikmati di Demak. Ada warung Pak Abu dengan Pasar Kalinyamatan yang dapat disambangi disana. 





Sate Ayam Blora 

Blora miliki sate ayam ciri khas memiliki bahan ayam kampung. Potongan dagingnya tidak tebal dengan balutan bumbu yang gurih meresap sebelumnya dibakar. Racikannya ada kecap manis, bawang putih, gula merah serta ketumbar. 

Sate ayam lantas dihidangkan diatas lembaran daun jati dengan sambal kacang, kecap manis, bawang merah goreng, bawang merah mentah serta sambal rawit. Ada pula kuah kuning yang jadi pelengkapnya. Kuah ini terbuat dari santan encer yang di beri bumbu bawang. Semakin nikmat disantap dengan potongan lontong. 


Sate Kambing Tegal 

Mengatakan sate daerah pesisir Jawa Tengah tidak dapat meninggalkan sate kambing Tegal. Satenya di buat dari kambing umur muda sekitaran 3 hingga 5 bln.. Karena itu dagingnya lebih empuk dengan gabungan selingan lemak muda, hati serta ginjal. 

Yang ciri khas yaitu sambal kecap pelengkap sate kambing. Diracik dari kecap manis dengan gabungan irisan cabai rawit, bawang merah serta tomat. Sate dapat di nikmati dengan lontong atau nasi. Satu diantara penjual sate Tegal tersohor yaitu Sate Mendo Wendi's di Jalan Letnan Jenderal Suprapto. 


Sate Kikil Jepara 

Satu sekali lagi sate enak dari daerah pesisir Jawa Tengah yakni sate kikil Jepara. Sesuai sama namanya, sate ini di buat dari potongan kikil yang kenyal. Di Jepara, nama beda sate kikil yaitu sate cecek. Bahan intinya sudah pasti kikil sapi serta santan. Bumbu halusnya pada kacang tanah goreng, cabai merah keriting, kencur, bawang putih serta terasi. Sate kikil semakin enak dikonsumsi dengan kerupuk kulit. 

No comments:

Post a Comment

Adbox

@templatesyard