Jelajah Kuliner Betawi Di Setu Babakan


88KulinerMakan - Lokasi Setu Babakan Jakarta Selatan jadikan jadi cagar budaya Betawi. Beragam hal sekitar suku asli orang-orang Jakarta berada di sini, termasuk juga makanan khasnya. 

Tempat tinggal kebiasaan, kesenian serta makanan ciri khas Betawi senantiasa komplit ada di lokasi Setu Babakan. Nah, mumpung hari Minggu coba singgah ke Setu Babakan karna banyak jajanan Betawi murah dan meriah serta enak.


Laksa Betawi 

Tidak kalah langka, laksa Betawi dapat juga di cari di lokasi Setu Babakan. Seporsi laksa ini berisi mie kuning yang digabung ketupat, telur, toge serta bihun. Sebagian bahan pelengkap seperti kucai serta bawang goreng membuatnya semakin sedap. 

Laksa dihidangkan dengan guyuran kuah kental yang gurih karna di beri udang rebon. Oia laksa semakin enak bila dikonsumsi hangat-hangat. 


Toge goreng 

Dahulu penjual toge goreng banyak menjual dagangannya keliling perkampungan tapi saat ini mulai susah didapati. Janganlah dahulu sedih karna penjual toge goreng nyaris senantiasa di pastikan berada di Setu Babakan. 

Sajian ini diisi potongan ketupat, tahu serta tentunya toge. Semua disiram kuah tauco yang ciri khas. Walau namanya toge goreng tapi togenya tidak dibuat lewat cara digoreng. Nyam nyam, harga nya juga termasuk murah tidak lebih dari Rp 15. 000. 


Dodol Betawi 

Singgah ke Setu Babakan mesti mencicip legitnya dodol Betawi. Umumnya penjual dodol membuat segera dodol ini di kiosnya jadi penjual dapat turut coba mengaduk maupun mencicip dodol yang baru masak. 

Dodol di jual dalam beragam ukuran paket mulai paket plastik kecil sampai yang dikemas memakai besek plastik. Dodol ini dapat juga jadi oleh-oleh buat orang tempat tinggal atau kerabat.


Kerak Telor 

Nikmati enjoy sore di tepi danau Setu Babakan paling enak ditemani kerak telur. Penjualnya cukup banyak disini jadi dapat tentukan mana yang paling menarik. 

Makan kerak telor hangat semakin komplit ditemani satu gelas kelapa muda fresh. Kulineran tidak mesti mahal.


Bir Pletok 

Senang makan kuliner Betawi, semakin komplit bila minumnya bir pletok. Tidak buat mabuk karna bir yang satu ini tidak memiliki kandungan alkohol. 

Bir pletok adalah minuman yang terbuat dari rebusan jahe, kayu secang serta sebagian rempah. Warnanya kemerahan serta rasa-rasanya fresh. Bila siang-siang, bir pletok enak di nikmati dingin.

No comments:

Post a Comment

Adbox

@templatesyard